Monolog: Kisah Putih Ombak Pilu Bukan Halangan Yang Tak Dianggap Tawamu Yang Terakhir

Minggu, 25 Desember 2011

Salju Monyet

"Gue mau melihat salju." Yap, banyak sekali orang yang bilang seperti itu. Tapi, gue rasa salju itu hanyalah umpama seekor monyet. Kok bisa? Sebelum kalian lihat, kalian akan berpikir bahwa monyet itu unyu dan lucu banget. Namun setelah kalian ketemu, kalian akan kecewa, kenapa sih monyet itu mirip muka gue. Mulutnya monyong, banyak bulunya bahkan keteknya bau. Huahuahua *ketawa sambil nepuk dada*

Begitupula salju, ketika kalian belum lihat, salju itu indah. Tapi, setelah ketemu beneran, salju itu beringas banget sob. Gue kecewa dengan salju. Mereka udah beberapa kali membuat gue kepeleset. Bayangin aja, setelah kepeleset diketawain orang. Malu gak tuh? Kecewa kan kalian?

"Hahaha... ada monyet kepeleset!" <-- ini terlalu didramatisir. Muahuahua 
~(^_^)~

Salju juga gak begitu spesial kok, salju itu mirip banget dengan hujan air. Bayangkan ketika kemarau setahun, lalu tiba-tiba turun hujan, pasti ekspresi kalian mirip monyet kegirangan. Salju juga begitu, pas pertama kali turun, kalian pasti excited banget, tapi setelah itu, biasa aja tuh. Yang ada hanya dingin dan diketawain orang pas kepeleset dijalanan.

So, jangan terlalu berlebihan jika ingin melihat salju. Hidup kan harus disyukuri, apa yang kita miliki adalah anugrah dari Allah. Jika memang ingin melihat salju, di Papua kan ada. Seharusnya disana bisa menjadi objek wisata terkenal, namun, setiap kali mendengar salju, yang terpikir hanyalah di Eropa dan dikutub bumi. Salah siapa?

Well, setelah gue pikir-pikir, ada hubungan antara salju, monyet dan natal loh. Jadi, gue akan buat sebuah puisi khusus natal. Walau gue gak merayakannya, tapi gue ikut senang loh. Lumayan, ikut meramaikan. Tiada puisi tanpa backsound yang menghiasi. Jangan makan makanan yang basi, kan katanya Santaclaus mau ngasi. Huahuahua ~(^_^)~


Bagai monyet menapaki hari
Tersenyum, aku yang girang
Hidup itu indah berseri
Hanya terang yang benderang

Kukecup ibu dan ayah
Kupeluk mereka manja
Demi sebongkah hadiah
Andai aku seorang raja

Di sana pohon cemara
Pohon abadi, tak termakan hari
Aku senang tiada tara
Seakan dunia milik sendiri

Inginku lihat salju yang putih
Karenanya hatiku gatal
Hari suci, hari yang bersih
Semuanya, selamat berbahagia!

(Natal karya Basith K. Adji)
Dilarang menyebarluaskan puisi ini tanpa izin penulis.
Bagikan Artikel di:

48 komentar:

  1. huaaaa pengen maen salju. kalo ga ke eropa atau kutub bumi, lo harus bawa gue ke papua #eaaaa
    eniwey, jago ya maen piano :D

    BalasHapus
  2. saya pengen liat monyet & salju sekaligus (?)

    monyet itu lucu kok =))

    BalasHapus
  3. Keren puisinya! Eh untung gue ga kaya gt, ga trlalu excited sama salju, udh tau dingin muahahaha

    BalasHapus
  4. huahuaaa , kenapa harus diibaratin ama monyet sih?
    kan bg bas*ith tersinggung. muehaehhheh

    BalasHapus
  5. @Reza Kurniawan Hahaha.. kan ada anggota KK yg tinggal di Papua, minta tolong dia aja.. anyway, pianonya bukan aku yang main >.< aku nemu di youtube hahaha

    BalasHapus
  6. @Rizki M Ridwan Situmorang Nah, kalo gak terlalu excited bagus :D Jadi gak keliatan monyet girang bang :P

    BalasHapus
  7. @Bepbep Karena kau telah memonyetkan hatiku #eh *gombal maksa* :P

    BalasHapus
  8. Mantap om :)) Saljunya udah turun belum disana?

    BalasHapus
  9. ayo kita kopdar di papua *loh
    eh, dikira rekaman punya basith -_____-
    eh hampir lupa. selamat natal yaaa :D

    BalasHapus
  10. huhu tapi gue masih pengen ngerasain salju :3

    BalasHapus
  11. setuju sama reza, kopdar di papua aja sekalian bisa lihat salju, ahahaha
    tapi dingin ya, sedangkan gue gak suka cuaca dingin .-.

    BalasHapus
  12. @Iyori Kharisma Hahaha.. silakan liat di 2 postingan sebelum ini, ada mengenai salju dan es hehehe

    BalasHapus
  13. @Reza Kurniawan Boleh tuh kapan2 ^_^ Aku mah bisanya merangkai kata, tapi gak bisa merangkai tuts piano hahaha

    BalasHapus
  14. @Zihny Ester Masuk ke freezer kulkas aja hihihi :P rasanya sama kok :P

    BalasHapus
  15. @M. Nasihin Sekali kali gak apalah bang shin dingin ^_^ Seru dong :D

    BalasHapus
  16. walau bikin kamu kepleset, aku tetap senang dengan salju, tapi ga mau berlama2, cukup 5 hari aja, setelah itu lgsg pulang kampung, ke negeri tropisku yang hangat ini. :-)

    jagoan emang kamu tuh Bas, bikin puisi dan selalu perumpamaannya bikin aku senyum2...

    seru donk disana ya? dimana2 pesta natal dan sebentar lagi tahun baru. :-)

    BalasHapus
  17. @Bepbep Huahahaha.. gak usah dibaca, dirasakan dihati aja neng bepbep :P

    BalasHapus
  18. @alaika abdullah Hihihi.. Iya sih mbak, kalo gitu nyobain di Papua aja biar gak jauh2 :)
    Makasih mbak hehehe
    Iya, disini rame banget orang menyambut natal, aku yg sebenarnya nggak ngerayain aja, jadi mau ikut2an hahaha abis heboh banget :D

    BalasHapus
  19. Jiahhh jadi anak kecil yang girang liat kado natal di bawah pohon itu kayak monyet yak? :P

    BalasHapus
  20. @Untje van Wiebs Naaaah! Una sepertinya mengerti sepenuhnya maksud dari postingan ini hahaha :P

    BalasHapus
  21. puisinya sesuatu banget :D

    anak kecil bahagia lihat kado = monyet yg bahagia lihat pisang , analoginya bisa aja hahahahhahaha

    BalasHapus
  22. @Pipit Sunny Setelah una, ternyata pipit juga mengerti makna tersirat dari postingan ini :D 100 untuk kamu :D

    BalasHapus
  23. tapi tetep aja mau main salju.. maklum wong ndeso..haha

    BalasHapus
  24. @Nonni Shetya Hahaha.. masih teteup nih :p ya, gak ada yg ngelarang sih, tapi hati2 lantai licin #eh hahaha

    BalasHapus
  25. salju di sini juga udah turun *baca: es freezer*

    BalasHapus
  26. analognya keren...

    salju = monyet ^^

    BalasHapus
  27. Sebenernya bukan masalah saljunya, tapi pengen ke Eropanya saja.. kalo Eropa ada di Papua ya ke papua saja. Haha

    BalasHapus
  28. @RyanF Hahaha.. pada dasarnya sama kok :P

    BalasHapus
  29. @Cucu Hermawan Huahahaha.. sepertinya memang begitu ya, setuju!

    BalasHapus
  30. Di Aceh,, kapan ya bisa turun salju... huahauahaha.. :D

    BalasHapus
  31. Bersyukur nggak tinggal di tempat bersalju. Nggak tahan dingin. :O

    BalasHapus
  32. @Ikbal Rizki ketika Allah sudah berkehendak :p kun fayakun hahaha

    BalasHapus
  33. @Alvi Syahrin Kan disini saljunya juga 1/4 tahun saja, kalau dikutub baru gak tahan hehehe

    BalasHapus
  34. Cie ciee fotonya di pajang :)) hihi

    ia sih, kalo yg pertama lihat salju pasti bakalan aneh.

    BalasHapus
  35. @Asep Saepurohman maksudnya foto aku? wahahaha.. aku bukan pangeran monyet bang :p Ya, begitulah :)

    BalasHapus
  36. gue lebih fokus ke monyetnya daripada puisinya bang :p

    BalasHapus
  37. untung aku gak terobsesi liat salju hehee

    BalasHapus
  38. lebih suka sama alunan musiknya nih ..bener2 bikin terpesona :)

    BalasHapus
  39. analoginya keren sist. monyet=salju :))

    BalasHapus
  40. @Siluman Capung ah nenek, bisa aja nih, aku jadi terharu :3

    BalasHapus
  41. kenapa harus monyet? kenapaaaaaaaaaaa?
    mereka ga lucu bagi gue mau diliat dari foto maupun liat langsung.
    trus di papua dimananya? aku baru tau ada salju disana, di gunung jaya wijaya? -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paradigma orang berbeda-beda, mungkin bagimu tidak lucu, tapi bagi yang lain iya :D
      Iya, di gunung jaya wijaya ada salju, orang Indo kok gak tahu :p

      Hapus

Komentar tidak melalui seleksi apapun. Jadi, ayo berkomentar! Tapi yang beretika yah. Terima kasih untuk tidak jadi Spammer. ^_^

newer posts older posts back home