Monolog: Kisah Putih Ombak Pilu Bukan Halangan Yang Tak Dianggap Tawamu Yang Terakhir

Jumat, 27 Januari 2012

Monolog: Untuk Ia Yang Menelanjangi Janji

Gedung DPR RI
Problematika yang terbelenggu masa memikat jasad dan sanubarinya. Berdiri gagah, menunjukkan secercah terang dalam pekikan lantang. Ia menari sembari menelungkupkan jati diri, menyembunyikannya dalam sebuah misteri. Lalu, ia menyamar tawa bersama kami dan bernyanyi,"Kita bersama membangun negeri!"

Negeri? Aku muak. Ia bernyanyi agar kami memuji, ia tak menyangka bahwa kami telah menerka. Ah, seakan nurani terselubung tanpa arti. Cobalah bersujud tanpa uang, mengunjungi kami terbelakang, menghibur kami dalam balutan senang, ya itu keinginan bangsa kami. Namun, sejatinya ia mengasumsikan suci, berlagak tak pernah menelanjangi janji.

DPR RI, andaikan Kau suci dalam hatimu sendiri
Sejatinya WC itu bukanlah tempat yang suci! 

(Untuk Ia Yang Menelanjangi Janji karya Basith K. Adji)
Dilarang menyebarluaskan Flash Fiction ini tanpa izin penulis.

Bagikan Artikel di:

52 komentar:

  1. Bahasanya..................... Menjelaskan semuanya walau postnya cuma sedikit. Keren abaaang!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasanya titik2 :O Hehehe makasih yah ;)

      Hapus
  2. wakil rakyat kita tidak memihak pada rakyat,
    memihak pada keluarganya '_'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Salah satunya itu bang shin :D

      Hapus
  3. like this pisan kang!!
    mantap!
    dalem banget artinya :D
    #tumben #peace BD

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben? Ya, begitulah :p hihihi makasih yah :D

      Hapus
  4. bang,,,ane bacain deh ni tulisan abang di depan para dedengkot gedung ijo ntu ;)

    BalasHapus
  5. Hahaha.. lo udah mewakili aspirasi rakyat. Merdeka!!

    BalasHapus
  6. like this..nancep di ulu hati, singkat tapi tajam....pantaskah mereka penghuni gedung ijo itu disebut wakit rakyat ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pantas atau tidaknya, paradigma orang berbeda-beda mbak :)

      Hapus
  7. mantabs bro! Singkat, padat, semua tersingkap jelas! Keren, setuju and like this post very much...

    Basith selalu keren tulisannya euy..

    BalasHapus
  8. bener sit. wakil rakyatnya udah pada lupa sama janji2 diawal. duit aja yang mereka pikirin. kemewahan aja yang mereka cumbuin.ckck

    BalasHapus
  9. bener banget kak! wakil rakyat macam apa tuh nggak pernah mikirin rakyatnya -..-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya begitulah manusia, banyak masalah hingga prioritas disampingkan :D

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. wow, posting terpendek dr bang basit yg pernah aku baca xP
    Tapi kereeeeenn!! Aku suka bait "DPR RI, andaikan kau suci dalam hatimu sendiri. Sejatinya WC itu bukanlah tempat yang suci" xD
    ciee bangbas.. meskipun tgl di Jerman tp ttp perduli ya sama Indonesia. Ini baru namanya bule kece B) muahahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku bukan bule dika, hobby bener manggil aku bule, hihihi makasih yah :p

      Hapus
  12. sarkasmenya terasa banget disini bang =)

    BalasHapus
  13. suarakan semuanya... biarkan amarah abang keluar dan bukanx terpendam di dalam hati. aku lebih suka yang seperti itu...

    BalasHapus
  14. cieee basisteer tau juga masalah dalam negeri,salut sist :) dan yg kedua adalah aku setuju sama tulisanmu ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku kan anak Indonesia yang baik dan rajin menabung nek :p

      Hapus
  15. jujur, aku ga bisa kasih komentar bagus sama tulisan sastra. Yang aku dapet: sastranya kereennn *.*

    hehe komentar yang udah umum emang #sigh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe it's okay ;) Makasih yah :D

      Hapus
  16. aku suka kata2nya bas. singkat, sarat makna, mudah dimengerti. you're so cool guys! keep writing and be yourself. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kelepek2 abis dipuji funy* makasih fun :D

      Hapus
  17. supeeeer sekali qaqa :)
    kata2 nya uiiiee, mantaaaabsss .. but nggak bisa ngomong apa2 lagi sama pemerintahan kita !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak bisa ngomong, mari kita mengeja, P-E-M-E-R-I-N-T-A-H T-A-M-B-A-H K-E-C-E hahaha :p

      Hapus
  18. Bang Basith, gile, gue kira stuck di negara di Barat sono bakalan bikin susah pake bahasa sendiri. Ane 2 jam di kelas aja, pas keluarnya udah susah bahasa Indonesia. u_u

    Mereka mau jadi 'wakil rakyat' demi gaji. Jadi posisi mereka itu dianngapnya sebagai profesi, bukan pelayanan kepada masyarakat. Makanya begitu deh jadinya. u_u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Bener bang, gaji oh gaji syalalala~ hehehe

      Hapus
  19. rasanya pengen e'e' disela sela atap gedung,itu maunya gimana sih, kog kayak kayaknya bukan rakyat yang nugasin mereka, tapi rakyat yang jadi babu mereka *seoga komen gue nggak bikin gue masuk pnjara* hahaha sekarang kebebasan bicara juga nggak begitu maksimal sih . bagus sith, jempol deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aspirasimu tepat sekali nak *ngelus2 dada* :D makasih ya

      Hapus
  20. namanya juga DPR - duit pokoknya rek. hehee

    BalasHapus
  21. wc memang bukan tempat yg suci, tapi tempat tinggalnya setan, nah loh

    BalasHapus
  22. DPR Ooooooooooooh DPR!!! -____-"

    BalasHapus
  23. Sedih ya, kursi barunya aja harganya 15 kali gaji buruh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. DPR juga manusia :D Butuh mewah butuh yang wah :p

      Hapus
  24. wakil rakyat tapi ngorbanin 2 M buat wc ? itu namanya wakil WC :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha~ mewakili aspirasi WC xD bisa aja emel :p

      Hapus
  25. bahasanya nyentuh banget Gan

    BalasHapus

Komentar tidak melalui seleksi apapun. Jadi, ayo berkomentar! Tapi yang beretika yah. Terima kasih untuk tidak jadi Spammer. ^_^

newer posts older posts back home